Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ulasan Terbaru 2022 Tentang Kelebihan Dan Kekurangan Saat Menerapkan SEO

Ulasan Terbaru 2022 Tentang Kelebihan Dan Kekurangan Saat Menerapkan SEO - Bagi seorang blogging sejati pasti mereka sudah tahu apa itu SEO, namun bagi anda yang baru memulai dunia perbloggingan pasti belum terlalu pahan dengan istilah yang satu ini. Sebelum kita lebih jauh membahas tentang kelebihan dan kekurangan dari SEO, ada baiknya kita juga harus sama-sama menyatukan pandangan kita tentang SEO. Setuju? Jika setuju lanjut ke bawah, dan jika tidak setuju, ya tetap lanjut dibaca dong. Karena hanya dengan membacalah kita dapat memperbaharui informasi yang terjadi di dunia ini. Namun jika anda ingin menjadi informasi bagi dunia, maka menulislah. Ok, lanjut ke SEO.

Pengertian tentang SEO (Search Engine Optimization)

Nah, sebenarnya apa sih SEO itu?

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, yang jika ada terjemahkan kedalam bahasa Indonesia menggunakan Google Translate, artinya yaitu Optimisasi Mesin Pencari. SEO ini memiliki fungsi untuk mengoptimasi sebuah website agar website tersebut mendapatkan peringkat teratas pada hasil pencarian Google. Dengan menerapkan SEO maka situs website anda akan mendapatkan rangking teratas dalam mesin pencarian Google dan itu berarti situs anda akan kebanjiran trafik/pengunjung.


Kelebihan Dari SEO

Seperti yang telah Admin katakan di atas, bahwa dengan menerapkan SEO pada situs website anda, maka situs website anda akan mendapatkan rangking teratas dalam mesin pencarian Google dan itu berarti situs anda akan kebanjiran trafik/pengunjung.

Kok bisa sih meningkatkan trafik dengan SEO? Sebenarnya sistem pencarian Google itu memiliki algoritma tertentu. Nah, algoritma Google inilah yang menjadi patokan atau menjadi dasar dari SEO. Misalnya ketika anda melakukan browsing di Google, maka algoritma Google lah yang akan menentuk hasil dari apa yang sedang anda browsing. Dengan menerapkan SEO pada situs website anda, maka situs anda akan memiliki peluang untuk ditampilkan pada mesin pencarian Google.

Ketika konten atau artikel anda barada pada peringkat pertama dalam mesin pencarian Google, maka sudah pasti konten anda akan selalu di kunjung oleh banyak orang. Karena kebanyakan orang saat melakukan browsing di Google, mereka pasti akan memilih konten pada urutan pertama yang ditampilkan mesin pencari Google.


Kekurangan Dari SEO

Karena dasar SEO adalah algoritma dari mesin pencarian Google dan Google selalu memperbaharui algoritmanya, maka ini cukup menjadi perhatian yang serius kepada pengguna SEO. Karena kenapa? Ya karena anda harus selalu update tentang algoritma Google. Sebab jika SEO yang anda terapkan pada situs website anda tidak mengikuti pembaharuan saat algoritma Google di perbaharui, maka optimalisasi dari SEO yang anda gunakan tidak akan memberikan efek apa pun pada mesin pencarian Google.

Artinya, mekipun saat ini anda telah memiliki konten dengan rangking teratas, namun jika situs website anda jarang melakukan postingan, maka perlahan-lahan situs website anda akan dinilai buruk oleh algoritma Google dan itu akan mempengaruhi konten anda yang memiliki rangking teratas, dan dampaknya konten anda akan digantikan dengan konten milik situs website orang lain.

Pembaharuan algoritma Google ini sudah terjadi sejak tahun 2011, dan sampai saat ini sudah ada delapan major pembaharuan yang dilakukan Google pada algoritmanya, dengan tujuan untuk memberikan hasil pencarian yang lebih relevan dan solutif kepada pengguna mesin pencari Google.


Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, SEO adalah sebuah sistem yang mengikuti algoritma mesin pencarian Google. Dengan menerapkan SEO pada situs website anda, maka situs tersebut akan mendapatkan rangking teratas dalam mesin pencarian Google dan situs website anda akan mengalami kebanjiran trafik/pengunjung. Namun anda juga harus selalu update tentang algoritma Google, agar konten anda bisa terbaca pada mesin pencarian Google dan bisa menjadi konten yang paling direkomendasikan oleh mesin pencarian Google.