Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Kompensator Apung Yang Baik Dan Cara Menggunakannya

Mengenal Kompensator Apung Yang Baik Dan Cara Menggunakannya - Kompensator Apung atau Buoyancy Compensator (BC) atau disebut juga rompi apung (Buoyancy Vest) adalah alat yang digunakan untuk mengatur keseimbangan daya apung penyelam. Saat ini ada beberapa macam rompi apung yang dikenal yakni;

1. Oral Inflated BC vest yakni rompi apung yang hanya dapat dikembangkan melalui mulut penyelam atau melalui tiupan saat penyelaman berlangsung.

2. Automatic Inflated BC vest yakni rompi apung yang dilengkapi dengan pipa (hose) yang berhubungan dengan tabung selam. Melalui pipa ini vest dapat dikembangkan dari udara dalam tabung selam (scuba). Disamping itu, juga dilengkapi dengan oral inflator.

3. Cylinder Inflated BC vest yaitu rompi apung yang dilengkapi tabung (Cylinder) kecil yang dapat diisi udara untuk mengembangkan rompi atau vest tersebut. Disamping Cylinder, juga juga dilengkapi dengan pipa pengembang melalui mulut (oral inflator hose). Bila terjadi gangguan pada Cylinder, maka oral inflator hose merupakan cadangan.


Hampir semua model rompi apung dilengkapi dengan CO2 cartridge yakni tabung yang berukuran 10 - 15 cm berisi gas karbon dioksida yang dimampatkan. Cartridge ini dapat mengembangkan rompi apung pada daerah dangkal bila tali otomatisnya ditarik. Cartridge tidak dapat mengembangkan rompi apung pada daerah yang dalam karena pada tekanan tinggi volume terlalu kecil. Batas kemampuan Cartridge untuk mengembangkan rompi tergantung pada kapasitas volume Cartridge.

Brberapa perusahan rompi apung telah menciptakan produksinya yang dapat diletakan pada back-pack. Jadi tidak perlu lagi digantungkan pada tubuh penyelam. Rompi apung demikian disebut Bouyancy Compensator Pack (BC Pack).

Menggunakan Rompi Apung Yang Baik

Penggunaan rompi apung perlu latihan yang berulang-ulang dengan berbagai posisi daerag permukaan. Kempeskan bila ingin tenggelam dan kembangkan atau tiup rompinya agar mengapung. Untuk mendapatkan daya apung netral pada kedalaman tertentu, maka sangat diperlukan rompi apung CO2 Cartridge pada rompi kiranya hanya dapat dipakai pada saat yang genting, hanya sekali pakai dan harganya mahal. Jadi dapat dipakai bila tidak mungkin lagi meniup rompi apung.

Bila akang meniup rompi, tarik napas dalam-dalam dan tiupkan ke dalam rompi agar cepat mengembang. Lakukan hal ini ketika berada dibawah permukaan air. Bila ingin tenggelam, angkat oral inflator hose dan buka katup sambil mengempiskan rompi, maka penyelam akan segera tenggelam.