Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Surat Lamaran Kerja (Lengkap Dengan Contoh)

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Surat Lamaran Kerja - Agar isi surat lamaran kerja Anda menjadi bagus, menarik dan agar menjadi perhatian oleh Si penyeleksi memang gampang-gampang susah. Karena tidak ada aturan yang jelas mengenai cara membuat surat lamaran kerja. Hanya saja jika Anda akan menulis surat lamaran kerja harus jelas, rapi, bersih dan gunakanlah bahasa dengan baik. Dengan memberikan sedikit sentuhan seni agar terlihat menarik dan masih dalam batas kewajaran, besar kemungkinan surat lamaran Anda akan dipertimbangkan dan merupakan point plus bagi Anda karena Anda sudah dapat menarik perhatian Si pembaca.

Begitu juga dengan format Curriculum Vitae (CV) Resume yang Anda buat. Banyak jenis dan modelnya, tinggal Anda ingin membuat yang seperti apa. Satu hal yang harus diperhatikan dalam membuat CV / Resume. Isi mengenai informasi tentang diri Anda harus sejelas-jelasnya, karena ini mewakili diri Anda ketika Anda tidak sedang berhadapan langsung dengan Si penyeleksi. Usahakan dalam menulis CV/ Resume tetap menarik, ini agar Si penyeleks Si tidak bosan membaca CV / Resume Anda yang lebih dari satu atau dua halaman.

Pas foto sebaiknya yang terbaru kurang lebih tiga bulan dan masih bagus. Serta dalam berpakaian sebaiknya gunakan pakaian yang rapi, dan hindari pakaian yang bermotif terlalu ramai agar foto Anda terkesan resmi tidak murahan.


Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis surat lamaran kerja:

  1. Surat lamaran ditujukan khusus bagi perusahaan yang Anda maksud, seperti nama dan jabatan harus spesifik.
  2. Buatlah secara singkat dan menarik, serta gunakan bahasa yang jelas dan baik.
  3. Maksimal dalam menulis surat lamaran satu lembar dan berikan cuplikan dari CV / Resume agar dapat memberi kesan pertama yang positif tentang diri Anda.
  4. Periksa sekali lagi dan pastikan tidak ada kesalahan bahasa maupun coretan, karena Anda pasti tidak mau kehilangan kesempatan untuk memperoleh pekerjaan yang Anda inginkan.

3 point penting isi surat:

  1. Memperkenalkan diri Anda termasuk usia dan tamatan darimana.
  2. Sebutkan keahlian Anda serta keberhasilan yang pernah Anda raih agar perusahaan dapat segera memutuskan dengan tepat bahwa Andalah yang berhak mengisi jabatan tersebut.
  3. Apa motivasi Anda melamar pekerjaan dan darimana Anda mendapatkan informasi lowongan kerja. (biasanya ditulis diawal paragraf).

Isi surat lamaran kerja terdiri dari:

1. Paragraf Pembuka
Pada paragraf pertama menjelaskan alasan Anda menulis posisi/jabatan yang dikehendaki dan darimana Anda mengetahui informasi tentang lowongan kerja tersebut.

2. Paragraf II
Mengapa Anda tertarik pada jabatan dan perusahaan tersebut, oleh karena itu Anda harus meyakinkan kepada calon atasan Anda bila Andalah yang layak menempati posisi tersebut dan menjelaskan keahlian, keterampilan dan juga keberhasilan yang pernah Anda raih.

3. Paragraf III
Menjelaskan tentang kualifikasi pelatihan dan pengalaman yang sesuai dengan CV / Resumne Anda.

4. Paragraf IV
Dalam paragraf penutup ini sebaiknya sebutkanlah keinginan Anda untuk mendapatkan kesempatan wawancara dan untuk membicarakan kualifikasi selanjutnya.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Manado, 1 September 2020

Budi Soleh S.T
JI. Santo Joseph No. 73 Kleak Impres Bawah
Telepon: 011-2345678

Kepada Yth.
Bapak Direktur
PT. Torang Berkarya
JI. Wolter Monginsidi, Kota Manado, Sulawesi Utara

Dengan hormat,
Setelah membaca iklan di harian Kompas terbitan hari ini dan dengan keahlian yang saya miliki. Saya bermaksud mengajukan diri untuk menempati posisi / jabatan tersebut.

Saya berusia 27 tahun lulusan dari Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi Manado. Selama ini saya telah bekerja sebagai Arsitek gedung dan perkantoran. Hasil kerja saya antara lain seperti, kantor pusat Bank BNI Manado, kantor Cipta Mandiri Manado, dan kantor Bank Mandiri di Bitung.

Untuk informasi selengkapnya dapat dilihat pada resume yang saya lampirkan beserta surat-surat keterangan lainnya.

Demikian surat lamaran ini saya buat, besar harapan saya untuk mendapatkan kesempatan dari Bapak untuk membicarakan kualifikasi saya selanjutnya.

Hormat saya

Budi Soleh S.T